Ini DIa Cara Dapat BLT UMKM 1,2 Juta, agar Bisa Langsung Cair

BLT UMKM 2021 senilai Rp1,2 juta merupakan bantuan sosial pemerintah (Bansos) melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk pegiat UMKM di masa pandemi.

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau UMKM BLT 2021 senilai Rp 1,2 juta kembali disalurkan oleh pemerintah, jadi segera daftarkan diri di oss.go.id.

BLT UMKM 2021 senilai Rp 1,2 juta yang disalurkan rencananya akan disalurkan kepada 14 juta pelaku UMKM.

Sedangkan syarat untuk mendapatkan BLT UMKM 2021 sebesar Rp 1,2 juta adalah memiliki Izin Usaha Perorangan (Skala Mikro dan Kecil).

Oleh karena itu, BLT UMKM 2021 sebesar Rp 1,2 juta untuk UMKM menjadi perhatian pemerintah Joko Widodo dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dalam memenuhi persyaratan tersebut, pelaku UMKM harus melakukan pendaftaran UMKM di oss.go.id jika menginginkan BLT UMKM 2021 Rp 1,2 juta dan pendaftaran dapat dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya.

Dirangkum haydays53.com dari laman oss.go.id, berikut cara daftar UMKM online mendapatkan BLT UMKM 2021 Rp 1,2 juta.

Trending: Cara Daftar Pengajuan Bansos Via Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Langkah-langkah Registrasi Akun OSS

  1. Buka link OSS v1.1 melalui (oss.go.id)
  2. Klik tombol Daftar/Masuk -> Daftar
  3. Lengkapi data dalam form registrasi -> isi captcha -> klik tombil Submit
  4. Buka email yang didaftarkan untuk aktivasi akun -> klik tombol aktivasi
  5. Buka email kembali untuk mendapatkan username dan password yang dikirim oleh OSS

Proses NIB dan izin usaha

  1. Pada formulir Data Profil, Anda harus melengkapi data/informasi yang masih kosong. Kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
  2. Pada formulir Data Usaha, klik tombol Tambah Usaha -> lengkapi data-data sesuai dengan formulir data usaha tersebut -> klik tombol Simpan. Kemudian klik tombol Selanjutnya.
    (Bila Anda memiliki lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol Selanjutnya, silahkan Anda menambahkan usaha tersebut dengan kembali meng-klik tombol Tambah Usaha dan prosesnya sama seperti butir 4 tersebut bila telah selesai klik tombol Selanjutnya).
  3. Pada formulir Komitmen Prasarana Usaha, khusus untuk skala kecil Anda dapat mengajukan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan (bila dipersyaratkan) -> klik tombol Selanjutnya.
  4. Pada tampilan Draft NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat rangkuman data NIB dan Izin Usaha yang telah diisi dan dapat melakukan preview draft NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan dan Izin Usaha -> beri tanda centang pada kotak disclaimer -> klik tombol Proses NIB.
  5. Pada tampilan Output NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat cetakan NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha. Anda juga dapat mencetak Izin Usaha dalam format QR yang berisi data lebih detail melalui tombol Preview Izin Usaha QR.

Trending: 5 Bansos yang Cair di September 2021, Cermati Ketentuannya

Proses izin komersial/operasional

  1. Bila Anda membutuhkan Izin Komersial/Operasional, Anda dapat memilih menu Permohonan -> IUMK -> Izin Komersial/Operasional.
  2. Arahkan kursor Anda dan klik ke nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha Anda -> klik tombol Pilih NIB. Kemudian akan muncul daftar kegiatan usaha Anda -> klik tombol Pilih Kegiatan Usaha.
  3. Pada tampilan formulir Izin Komersial/Operasional, Anda dapat memilih Izin Komersial/Operasional yang Anda perlukan sesuai dengan kegiatan usaha Anda dan lengkapi data yang diperlukan. Klik tombol Lanjut dan Simpan.
  4. Pada tampilan Draft Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin untuk melihat tampilan draft Izin Komersial/Operasional yang telah Anda pilih. Klik tombol Lanjut dan Simpan.
  5. Pada tampilan Output Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin Komersial/Operasional yang telah diterbitkan oleh OSS.

Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi agar BLT UMKM 2021 adalah sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia
  • Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki usaha mikro
  • Bukan PNS, TNI, Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.